Daya Charger Terputus Saat Ponsel Terisi Penuh

Jakarta - Apa benar ada teknologi charger pada smartphone/tablet yang bisa otomatis memutuskan daya saat smartphone/tablet sudah terisi penuh? Jika benar cara mengetahuinya bagaimana? (Alham Septian)

Jawaban:

Kebanyakan smartphone saat ini sudah memiliki chip charging protection untuk menjaga baterai tidak terus di-charge ketika sudah penuh 100%. Untuk mengetahuinya secara pasti, memang jarang atau hampir tidak pernah dikemukakan di dalam spesifikasi yang menyertai smartphone atau spesifikasi pada webnya.

Cara mudah memperkirakan device kita punya pemutus arus adalah dengan mengamati beberapa hal. Tinggalkan unit dalam keadaan standby dan di-charge ketika kita akan pergi tidur. Biasanya sekitar 30 menit kemudian ketika kita raba smartphone menjadi hangat atau cenderung panas.

Tinggalkan semalaman dalam keadaan di-charge. Ketika bangun pada pagi hari, pegang kembali smartphone tersebut. Akan terasa walau di-charge semalaman smartphone sekarang sudah 'dingin' atau pada suhu normal.

Beberapa tipe smartphone bisa menampilkan kapasitas sisa baterai dalam angka persentase. (Untuk smartphone yang tidak memiliki fitur ini, bisa mendownload aplikasi tersebut secara gratis di PlayStore.) Kemungkinan besar kita akan melihat bahwa baterai sekarang kondisinya 100%, ketika baru dicabut dari charger setelah di tinggal charging semalaman.

Pakailah smartphone tersebut dan perhatikan, biasanya dalam waktu yang cukup singkat persentase baterai akan segara turun. Biasanya 10% pertama, kapasitas baterai akan segera berkurang. Setelah itu baterai mulai turun agak lama.

Kalau hal ini terjadi, kemungkinan besar smartphone atau tablet kita mempunyai sirkuit pemutus arus, karena ketika 2-3 jam setelah kita tinggalkan di-charge, seharusnya baterai sudah penuh.

Ketika pada pagi harinya ketika smartphone mulai dipakai, persentase baterai segera berkurang, sebenarnya karena smartphone sudah dalam keadaan s" cukup lama sejak baterai selesai di-charge penuh, yang akhirnya memakai daya baterai untuk menjalankan berbagai keperluan smartphone di background.
(jsn/ash)

http://us.images.detik.com/content/2014/02/07/1204/145305_luckysebastian_resize.jpgLucky Sebastian
Lucky Sebastian sejatinya seorang Arsitek, tetapi hobby akan gadget ternyata memanggilnya lebih jauh sejak berkenalan dengan PDA di tahun 1998. Membentuk komunitas penggemar gadget di tahun 2001 yang sekarang menjadi mailing list gadget terbesar di Indonesia yang dinamai gadtorade, gadtorade@yahoogroups.com. Kicauannya tentang gadget dan teknologinya bisa didengar di Twitter @gadtorade.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

23 Sep, 2014


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656095/s/3ebc0d5e/l/0Linet0Bdetik0N0Cread0C20A140C0A90C230C140A5330C26985360C15690Cdaya0Echarger0Eterputus0Esaat0Eponsel0Eterisi0Epenuh/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
LihatTutupKomentar