Indahnya Baris dan Deret di Depan Kamera

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Jakarta - Deretan pilar gedung atau barisan penari Bali. Iring-iringan pawai dan pot bunga yang berjajar rapih. Bisa juga kayu penopang dermaga yang berdiri tegak membentuk koridor cantik di pinggir pantai. Dapat pula pagar rumah, kebun strawberry, alat tulis kantor, deretan lilin romantis di kafe, hingga shaf sholat berjamaah di masjid.

Ya, contoh tersebut merupakan sebagian kecil dari subjek paling menarik dan fotogenik dalam dunia fotografi: baris dan deret. Posisi berjajar itu mampu membentuk pola yang khas dan menghasilkan komposisi visual yang begitu menggoda. Baik makhluk hidup atau benda mati, deretan itu seperti membuat fantasi yang sangat imajinatif dengan sendirinya.

Lantas, bagaimana merekam komposisi ciamik itu terekam dengan maksimal?

1. Gunakan angle dari dari depan atau dari atas. sehingga membentuk barisan yang tertata apik. Yang patut diperhatikan, bagaimana jarak antar barisan tersebut? Apakah kosong ataukah ramai (ada elemen foto yang lain)? Kalau kosong, pastikan ada alasan yang kuat sehingga memotret dari sudut ini, supaya foto lebih dinamis.

2. Bila jarak antar deret kosong, dapat disiasati dengan angle serong serong samping naik ke atas. Kira-kira seperti posisi matahari pukul 8 pagi. Angle ini membuat jarak antar deret menjadi tertutup. Efeknya, gambar terasa lebih padat dan kuat. Fokus cerita juga lebih terkontrol dengan seksama.

3. Memotret di tengah, di antara deret dan baris. Bila deretan membentuk visual semacam koridor, bisa dieksplorasi lebih baik lagi. Buatlah seakan deretan tersebut membentuk lorong tiga dimensi.

Next

Halaman 1 2
(Ari/ash)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

01 Oct, 2014


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656095/s/3efeb9dd/l/0Linet0Bdetik0N0Cread0C20A140C10A0C0A10C0A857350C270A60A280C12790Cindahnya0Ebaris0Edan0Ederet0Edi0Edepan0Ekamera/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
LihatTutupKomentar