Rencana Bangun Pabrik, Ahok: Foxconn Cuma Ngomong Doang

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Jakarta - Perusahaan teknologi asal Taiwan, Foxconn Technology Group, berencana mendirikan pabrik di DKI Jakarta. Perusahaan yang memproduksi iPad, iPhone, hingga BlackBerry ini berencana mengucuri investasi USD 1 miliar untuk membangun pabrik di Jakarta.

Komitmen awal Foxconn ini disampaikan oleh Chairman Foxconn Terry Gou saat bertemu Joko Widodo (Jokowi) saat masih sebagai Gubernur DKI pada awal Februari 2014 lalu. Pada waktu itu, pihak Foxconn berencana datang kembali ke Jakarta pada April-Mei 2014.

Lantas, bagaimana kelanjutan investasi Foxconn ke Indonesia?

Plt Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai produsen teknologi asal Taiwan tersebut hanya berbicara saja tanpa realisasi. Hingga kini belum ada realisasi ataupun tindakan nyata yang dilakukan oleh Foxconn untuk memenuhi janjinya.

"Foxconn ngomong doang. Kalau orang mau investasi nggak usah banyak ngomong," kata Ahok kepada detikFinance di Balai Kota, Jakarta.

Sebelumnya pada 7 Februari 2014, Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Chairman Foxconn Terry Gou menandatangani Letter of Intent (LoI) di Balai Kota Jakarta. Pada waktu itu Foxconn berkomitmen menggelontorkan investasi USD 1 miliar, setelah 5 tahun berkililing Indonesia mencari lokasi yang cocok.

Pada waktu itu, Jokowi mengatakan pemerintah provinsi DKI Jakarta akan memfasilitasi untuk persiapan investasi Foxconn di Jakarta. Mulai dari perizinan hingga menyediakan lahan untuk Foxconn.

"Dalam kesepakatan tadi kita ingin membantu dalam bidang infrastruktur, perizinan, menyiapkan lahan yang dibutuhkn butuh 200 hektar. Untuk awal 20 hektar. Di KBN (Kawasan Berikat Nusantara) ada provinsi, komersial, BUMN dan swasta," kata Jokowi.

Namun perkembangan terbaru, ketersedian lahan sebanyak 20 hektar di Jakarta sangat sulit terwujud.

(hen/rou)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

07 Nov, 2014


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656095/s/403f315e/l/0Linet0Bdetik0N0Cread0C20A140C110C0A70C14580A10C27420A80A0C3190Crencana0Ebangun0Epabrik0Eahok0Efoxconn0Ecuma0Engomong0Edoang/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
LihatTutupKomentar